Sistem Informasi Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro

Artikel

Visi dan Misi

24 Agustus 2016 10:48:28  Administrator  191 Kali Dibaca 

1. VISI

RPJM Desa Ringintunggal merupakan arah dan pola perencanaan pembangunan jangka menengah yang secara bertahap hendak dilakukan oleh pemerintah desa, kelembagaan desa, serta seluruh lapisan masyarakat yang ada di desa. RJPMDes juga dapat dipakai sebagai pedoman program kerja Pemerintah Desa bersama lembaga-lembaga tingkat desa dan seluruh warga masyarakat karena di dalamnya memuat indikator-indikator beserta target yang definitif.

Basis dari RPJM Desa Ringintunggal adalah sebuah cita-cita bersama antara Kepala Desa, perangkat desa, kelembagaan desa dan warga desa untuk meraih suatu tujuan jangka panjang atau dapat dikatakan sebuah cita-cita yang ingin digapai di masa depan. Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Ringintunggal, menjadi arah setiap kebijakan RPJM Desa yang dirumuskan setiap lima tahun sekali. Cita-cita masa depan Desa Ringintunggal disebut juga sebagai Visi Desa Ringintunggal.

Visi Desa Ringintunggal disusun tidak hanya sekedar berdasarkan keinginan semata

bahwa suatu saat Desa Ringintunggal akan menjadi apa, namun visi tersebut disusun dari rangkaian panjang diskusi-diskusi formal  maupun informal dengan segenap warga Ringintunggal atau tokoh-tokoh masyarakat sebagai representasi dari warga masyarakat Ringintunggal di dalam memformulasikan keinginan dengan kebutuhan yang menjadi harapan semua pihak secara ideal. 

Visi Desa Ringintunggal semakin mendekatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk penyusunan RPJM Desa tahun 2019 - 2025 dengan perencanaan pembangunan desa secara partisipatif. Dalam kegiatan ini, semakin mendekatkan Visi Desa Ringintunggal dengan kenyataan yang ada di desa dan masyarakat. Kenyataan yang dimaksud baik merupakan potensi, permasalahan maupun hambatan yang ada di desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun kedepan. Bersamaan dengan penetapan RPJM Desa Ringintunggal, dirumusan dan ditetapkan juga  Visi Desa Ringintunggal didalam sebuah kalimat:

"RINGINTUNGGAL MENUJU DESA MANDIRI, BERKETAHANAN PANGAN DAN BERAKHLAQ MULIA

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa cita-cita yang akan dituju dimasa mendatang oleh segenap warga Desa Ringintunggal. Adapun maksud dari dari kalimat tersebut adalah: RINGINTUNGGAL membangun INSAN PEKERJA KERAS, TEKUN, dan ENTERPRENEUR berbasis pada usaha-usaha INTENSIFIKASI PERTANIAN BERBASIS PADI DAN TANAMAN PANGAN LAINNYA.

INSAN PEKERJA KERAS:

Adapun maknanya bahwa Ringintunggal ingin kembali  kepada jati dirinya sebagai manusia dan masyarakat yang pekerja keras dalam berkarya. Pekerja keras merupakan formulasi manusia yang mandiri dan bermanfaat manusia dan lingkungannya. 

INSAN TEKUN:

Adapun maknanya bahwa Ringintunggal ingin kembali  kepada jati dirinya sebagai manusia dan masyarakat yang tekun dalam proses dan tidak cepat berputus asa. Tradisi tekun sudah diwarisi oleh nenek moyang warga Ringintunggal melalui budidaya tanaman padi dan tebu. Karakter tekun manusia Ringintunggal telah terbukti ketika lapangan pekerjaan utama mereka sejak nenek moyangnya bertanam padi dan tebu. Sebab komonditas tanaman padi  adalah jenis tanaman yang paling ”manja” dan paling membutuhkan ketekunan manusia yang membudidayakan. 

INSAN ENTERPRENEUR:

Maknanya warga Ringintunggal ingin memperkuat karakter dirinya yang sudah mempunyai modal sosial dalam keberanian menanggung  resiko dalam berusaha. Keberanian menanggung resiko dalam berusaha, terbukti pada perilaku petani padi yang mempunyai banyak rintangan dan ketidak pastian  akibat faktor alam dan harga hasil produksi. Keberanian dalam menanggung resiko dengan perhitungan yang cermat sebagai  lesson learned sebagai petani padi dan teu dapat dikembangkan pada diversifikasi usaha lainnya. 

2. Misi

Misi Desa Ringintunggal merupakan turunan dari Visi Desa Ringintunggal. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa  Ringintunggal merupakan penjabaran lebih operasional dari Visi. Penjabaran dari  Visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Ringintunggal.

Dalam meraih Visi Desa Ringintunggal seperti yang sudah dijabarkan diatas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal. Maka disusunlah Misi Desa Ringintunggal:

  1. Meningkatkan keshalehan sosial masyarakat yang didukung  oleh pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan secara murni dan konsekuen
  2. Membangun dan mendorong terciptanya pendidikan yang menghasilkan insan yang pekerja keras, tekun dan berjiwa wirausaha. 
  3. Membangun dan mendorong terwujudnya pendidikan kejuruan atau keahlian baik formal maupun informal yang berbasiskan dan mengembangkan sektor pertanian pangan khususnya padi dan hortikultural. 
  4. Membangun dan mendorong usaha-usaha untuk mengembangkan sektor pertanian padi, baik tahap produksi maupun pengolahan hasilnya. 
  5. Menjamin dan mendorong usaha-usaha untuk terciptanya  pembangunan di segala bidang  yang  berwawasan pertanian pangan dan indutri makanan di tingkat rumah tangga. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Agenda

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Gayam KM. 4 Desa Ringintunggal
Desa : Ringintunggal
Kecamatan : Gayam
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62156
Telepon : 085257630955
Email : ringintunggal@gmail.com

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 1.484 Kali
Kontak Kami
13 September 2021 | 1.101 Kali
Musyawarah Desa Penetapan RKPDes Tahun 2022
28 Januari 2020 | 699 Kali
Programa Penyuluhan Pertanian tingkat Desa Ringintunggal
10 Desember 2014 | 438 Kali
Sejarah Desa Ringintunggal
29 Juli 2013 | 359 Kali
Profil Desa
26 Agustus 2021 | 304 Kali
Pengendalian Hama Tikus Kelompok Tani Desa Ringintunggal
18 Juli 2021 | 282 Kali
Kenduri Tolak Bala' Masyarakat Desa Ringintunggal